Senin, 02 Januari 2012

definisi dakwah


by fajar ibn akhdhar

Pengertian dakwah yang sering diungkapkan oleh para ahli hampir memiliki kesamaan definisi antara satu dengan yang lainnya. Secara etimologi semua sepakat bahwasanya kata dakwah berasal dari kata benda (Isim) yang diambil dari kata kerja Transitif (Fi’il Muta’adi) yaitu Da’a Yad’u Daiyatan wa da’watan. Yang mengandung nilai dinamika yakni ajakan, seruan panggilan, atau permohonan. Makna-makna tersebut mengandung unsur upaya atau usaha yang dinamis.[1] Adapun secara terminologi, dakwah merupakan suatu proses atau upaya untuk merubah suatu situasi kepada situasi yang lebih baik sesuai ajaran Islam atau proses mengajak manusia ke jalan Allah yaitu al-Islam.[2]
Menurut Ibnu Taimiyah, yang dikutip oleh Syaikh Akram Kassab dari kitab Majmu’ Al-Fatawa, dakwah adalah ajakan untuk beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, serta pada yang dibawa oleh Rasulullah dengan mempercayai apa yang disampaikan dan mentaati apa yang diperintahkan.[3]
Menurut Syaikh Al-Qardhawi, yang dikutip oleh Syaikh Akram Kassab dari kitab Tsaqah Ad-Daiyah, “Dakwah adalah mengajak keadaan Islam, mengikuti petunjuk-Nya, mengokohkan manhaj-Nya di muka bumi, beribadah kepada-Nya, memohon pertolongan dan taat hanya kepada-Nya, melepaskan diri dari semua ketaatan kepada selain-Nya, membenarkan apa yang dibenarkan oleh-Nya, menyalahkan apa yang disalahkan-Nya, menyuruh kepada yang makruf, mencegah yang mungkar, dan berjihad di jalan Allah, atau dengan kata lain yang lebih singkat, berdakwah kepada Islam secara khusus dan sepenuhnya, tanpa balasan dan imbalan”


[1]     Lihat Asep Muhyidin dan Agus Ahmad Syafe’i, Metode Pengembangan Dakwah, (Bandung: Pustaka Hidayah, 2002), hlm. 27.
[2]     Lihat  A. Hasjmy, Dustur Dakwah dalam Al-Qur’an, (Jakarta: Bulan Bintang, 1994), hlm. 17.
[3]     Lihat Syaikh Akram Kassab, Metode Dakwah Yusuf Al-Qardhawi, terj. Muhyidin Mas Ridha (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2010), hlm. 1.

2 komentar:

  1. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Subhanallah, Syukron jazakallah khoiron katsiron, banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang dakwah, salam ukhuwah wahai sauadaraku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh...
      Alhamdulillah, semoga tetap bisa istiqamah, amin...

      Hapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini